BerandaBeritaSatu Deks Adek NMAX: Melacak Perubahan Setiap Generasi Selama Sepuluh Tahun di...

Satu Deks Adek NMAX: Melacak Perubahan Setiap Generasi Selama Sepuluh Tahun di Indonesia

Berusia Sepuluh Tahun di Indonesia, Inilah Perkembangan Setiap Generasi NMAX

Berusia Sepuluh Tahun di Indonesia, Inilah Perkembangan Setiap Generasi NMAX

Kehadiran Yamaha NMAX di pasar skutik tanah air membuka tren baru munculnya skutik berbodi bongsor dan memiliki bagasi besar.

Zona Gadget/ News

Mohammad Nurul Hidayah 26 April pukul 19:20 26 April pukul 19:20


Zona Gadget

– Tahun 2025 ini Yamaha NMAX resmi berumur satu dekade di Indonesia.

Motor tersebut diperkenalkan pertama kali di awal tahun 2015, dan sampai saat ini tetap menjadi favorit among skuter bertubuh besar.

“Sejak peluncurannya pada tahun 2015, NMAX berhasil mengubah paradigma dengan mendirikan tren terbaru dalam segmen skuter matic premium di tanah air,” ungkap Rifki Maulana, Manajer Hubungan Publik YRA & Komunitas PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Sampai sekarang, minimal telah terjadi 4 kali pembaruan dari YIMM untuk model NMAX.

Mari kita ingat kembali perkembangan Yamaha NMAX dari tiap generasinya dengan cepat dan ringkas.


1. Generasi Pertama (2015)

Yamaha NMAX diperkenalkan untuk pertama kalinya di bulan Januari 2015 dan memiliki satu tipe yaitu yang dilengkapi dengan sistem rem Anti-lock Braking System (ABS).

Pada pertengahan 2015 atau tepatnya bulan Juni, pihak Yamaha meluncurkan versi non ABS yang dijual dengan harga lebih terjangkau.

Kedatangan NMAX ke pasaran skuter matik nasional memperkenalkan gaya baru dengan munculnya skuter bertubuh panjang serta menyediakan ruang penyimpanan yang luas.

Selain desainnya, salah satu yang diunggulkan NMAX adalah bagian mesin yang berkapasitas besar (155 cc) dan pertama yang gunakan VVA (Variable Valve Actuation).


2. Update Minor Generasi Pertama (2018)

Pada tahun 2018, pihak YIMM melakukan beberapa update pada NMAX generasi pertama.

Paling mencolok, NMAX versi update sudah dibekali sokbreker belakang yang sudah dilengkapi tabung.

Perubahan pada suspensi menjadi solusi Yamaha atas keluhan para pemilik NMAX generasi awal yang mengeluhkan bahwa suspensinya di bagian belakang terlalu kaku.

Perbedaan lainnya ada pada tampilan layar instrument yang sudah tidak berbentuk setengah lingkaran, namun berubah menjadi kotak.

Yamaha juga menambahkan pilihan warna baru pada versi update dari generasi pertama ini.

Untuk tampilan body, rangka, mesin dan fitur lainnya masih sama seperti NMAX generasi pertama.


3. Versi Terbaru NMAX (2019)

Pada akhir tahun 2019, Yamaha meluncurkan generasi kedua dari NMAX yang datang dengan sejumlah perubahan signifikan.

Di sektor desain sampul badan, varian kedua dari YAMAHA NMAX ini menampilkan lekukan yang terlihat lebih bulaty daripada pendahuluannya, yaitu NMAX generasi pertama.

Perubahan terlihat pula pada tampilan lampu depanya dan lampunya di bagian belakang.

Fitur-fiturnya, generasi kedua dari NMAX semakin lengkap berkat penambahan sistem Smart Key, Start & Stop System, serta Traction Control System (TCS). Selain itu, ada pula fitur Y-Connect yang turut disematkan pada model ini.

Pada sektor mesin, varian kedua dari NMAX telah mengadopsi motor BlueCore 155 cc terupdate yang disertai dengan sistem Smart Motor Generator (SMG). Fitur tersebut memungkinkan proses pengstarteran menjadi lebih mulus.


4. Versi Ketiganya dari NMAX (2024)

Pada tahun 2024 kemarin, Yamaha meluncurkan generasi ketiga dari NMAX yang datang dengan sejumlah perubahan signifikan.

Dalam tampilan cover badannya, varian terbaru NMAX memiliki desain yang lebih ramping dan olahraga.

Fitur-fiturnya semakin bervariasi dengan kehadiran panel instrumen TFT layar warna, versi baru dari Y-Connect, sistem navigasi Garmin pada varian tertinggi, serta tersedianya riding modes.

Di bagian mesin, untuk tipe Turbo sudah dilengkapi YECVT (Yamaha Electric Continuously Variable Transmission) yang memungkinkan pengguna memanipulasi gerak pulley menggunakan tombol SHIFT.

Tidak cuma itu, bagian kaki-kaki juga ikut diupgrade dengan penggunaan diameter as sok depan yang lebih besar dan juga sok belakang baru.

Nah itu sedikit sejarah dan evolusi singkat Yamaha NMAX setiap generasi.

Hingga berita ini diterbitkan, pihak Yamaha mengklaim sudah menjual lebih dari 3 juta NMAX di pasar Indonesia.

Copyright Zona Gadget2025

Related Article

zonagadget
zonagadgethttps://www.zonagadget.co.id/
Berikan ilmu yang kamu punya, niscaya kamu akan mendapatkan yang lebih