Zona Gadget
– Pada tahun 2025 mendatang, Yamaha NMAX akan genap berusia sepuluh tahun di pasaran Indonesia.
Motor ini diperkenalkan pertama kali di Januari 2015, dan sampai saat ini tetap menjadi favorit among skuter besar.
Sejak peluncurannya pada tahun 2015, NMAX berhasil mengubah permainan dengan membuka tren baru dalam segmen skuter matic premium di tanah air,” ungkap Rifki Maulana, Manajer Hubungan Publik YRA & Komunitas PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).
Sampai sekarang, paling tidak telah terjadi 4 kali pembaruan dari YIMM untuk model NMAX.
Mari kita ingat kembali perkembangan Yamaha NMAX dari tiap generasinya dengan ringkas.
1. Generasi Pertama (2015)
NMAX pertama kali diluncurkan pada Januari 2015 dengan satu pilihan varian yakni ABS (Antilock Braking System).
Pada pertengahan 2015 atau tepatnya bulan Juni, pihak Yamaha meluncurkan versi non ABS yang dijual dengan harga lebih terjangkau.
Kedatangan NMAX ke pasaran skuter mati di negeri asal memperkenalkan gaya baru dengan kemunculan skuter bertubuh panjang serta dilengkapi ruang penyimpanan yang luas.
Di luar desainnya, kelebihan utama NMAX terletak pada sisi mesin dengan kapasitas cukup tinggi (155 cc), serta menjadi model pertama yang mengadopsi teknologi VVA (Variabel Valve Actuation).
2. Pembaruan Kecil untuk Generasi Pertama (2018)
Di tahun 2018, YIMM mengimplementasikan sejumlah pembaruan pada versi awal NMAX.
Yang paling terlihat, varian pembaruan dari NMAX telah di equip dengan shockbreaker belakang yang sudah memiliki tabung.
Perubahan pada suspensi menjadikan solusi Yamaha atas keluhan para pemilik NMAX generasi awal yang mengeluhkan bahwa suspensinya di bagian belakang terlalu kaku.
Perbedaan lain terletak pada tampilan instrumen yang kini telah berbentuk persegi bukan lagi setengah lingkaran seperti sebelumnya.
Yamaha pun mengenalkan variasi warna baru di rilis pembaruan dari seri perdana ini.
Untuk desain eksterior, kerangka, mesin, serta spesifikasi lainnya tetap mirip dengan NMAX versi awal.
3. NMAX Generasi Kedua (2019)
Diakhir tahun 2019 Yamaha menghadirkan generasi kedua NMAX dengan beragam ubahan besar.
Pada bagian desain cover body, NMAX generasi kedua ini memiliki garis desain yang tampak lebih membulat dibandingkan NMAX generasi pertama.
Perubahan juga nampak pada tata letak lampu depanya dan belakangnyanya.
Untuk fitur, NMAX generasi kedua ini juga lebih kaya dengan penambahan fitur Smart Key System, Start & Stop System, Traction Control System (TCS) dan juga hadirnya fitur Y-Connect.
Di bagian mesin, NMAX generasi kedua ini juga sudah menggunakan mesin bluecore 155 cc terbaru yang dilengkapi Smart Motor Generator (SMG) yang membuat starter lebih halus.
4. NMAX Generasi Ketiga (2024)
Di tahun 2024 lalu, NMAX generasi ketiga resmi dihadirkan Yamaha, juga dengan beragam ubahan besar.
Pada desain cover body, NMAX generasi ketiga tampak lebih ramping dan sporty.
Fitur-fiturnya semakin beragam dengan kehadiran panel instrumen TFT layar sentuh warna, versi baru dari Y-Connect, sistem navigasi Garmin pada varian tertinggi, serta tersedianya mode berkendara.
Pada sektor mesin, varian Turbo telah disematkan sistem YECVT (Yamaha Electric Continuously Variable Transmission). Sistem ini mengizinkan pemakaian menyesuaikan putaran pulley dengan bantuan tombol SHIFT.
Bukan hanya itu saja, komponen suspensi pun ditingkatkan dengan mengganti diameter poros dari shockbreaker depan menjadi lebih besar serta memasang shockbreaker belakang yang baru.
Itu tadi adalah sejarah pendek dan perkembangan cepat Yamaha NMAX dari satu generasi ke generasi berikutnya.
Sampai berita ini dirilis, Yamaha menyatakan telah melebihi penjualan 3 juta unit NMAX di pasaran Indonesia.